Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)

6/08/2009 03:24:00 PM Posted by Gita Dwijayanti

sumber tulisan :
http://id.wikipedia.org/wiki/DHCP
dan beberapa sumber lainnya (maaf tidak dicantumkan, dikarenakan lupa mengcopy link sumber)

sumber gambar :
Kelompok 1 DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.

Ketika mengkonfigurasi sistem client, administrator dapat memilih DHCP dan tidak harus memasukkan IP address, netmask dan gateway atau DNS servers. Clien memperolehinformasi dari server DHCP.
Administrator hanya perlu mengedit satu file konfigurasi DHCP pada server untuk mengeset IP address baru daripada mengkonfigurasi kembali semua sistem. Jika DNS server untuk sebuah organisasi yang nantinya akan mengalami perubahan, perubahan dibuat pada server DHCP, dan tidak pada DHCP client.

• Konsep DHCP

Konsep dari DHCP yaitu melayani pemberian IP untuk disebarkan ke client secara otomatis. DHCP ini didesain untuk melayani network yang besar dan konfigurasi TCP/IP yang kompleks.

Hal ini berlaku jika komputer tersebut menggunakan setting IP dengan DHCP atau di Windows mengaktifkan pilihan "Obtain IP Address Automatically"

IP Address berarti= network addres = Host address

• Proses DHCP

1. Indentifikasi DHCP Server
2. MeminTa IP
3. Menerima IP
4. Memutuskan Untuk Menggunakan IP tersebut

DHCP menggunakan konsep DHCP relay agent yang akan selalu tersambung.DHCP relay agent adalah sebuah host yang melanjutkan paket DHCP antaraClient dan server.

Relay agent digunakan untuk melanjutkan permintaan dan balasan antara client dan server yang mereka tidak dalam physical subnet yang sama

• Cara Kerja

Dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat
a. DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya.
b. DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi dengan DHCP Server.
DHCP Client akan mendapatkan "penyewaan" alamat IP dari sebuah DHCP server dalam proses berikut:
1. DHCPDISCOVER
2. DHCPOFFER
3. DHCPREQUEST
4. DHCPACK

• Instalasi DHCP (menggunakan Windows Server 2003)

Pilih DHCP


Buat Scope Baru


Keluar Kotak Instal Wizard,Klik Next


Isi Nama Scope, Klik Next


Isi Range Ip Address yang akan disediakan untuk client, Klik Next



Kosongkan saja, Klik Next


Isi DHCP Lease yang digunakan sebagai batas waktu penyewaan alamat IP yang diberikan kepada DHCP client oleh DHCP Server, Klik Next


Klik Next


Router


Domain Name


Aktifkan Scope

0 comments:

Post a Comment